URL Terlalu Panjang? Pendekkan Menggunakan Bitly

Sesuai dengan judulnya kali ini saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara memperpendek URL dengan menggunakan Bitly. Tentu bagi kita sangat risih bukan kalau memang ada URL yang terlalu panjang banget, gak enak buat dipandang mata.

Nah dengan bitly kita bisa melakukan custom pada URL yang kita dapatkan dengan sangat mudah. Ada beberapa situs untuk memperpendek URL. Googlepun sebenarnya juga mempunyainya. Namun banyak orang yang sudah familiar dengan bit.ly ini. Oke silahkan di buka dulu alamatnya yaitu https://bitly.com/.

Kita dapat langsung memperpendek URL anda dengan menggunakan form yang tersedia di halaman awal. Namun nanti hasilnya tidak dapat di custom atau menghasilkan URL dengan huruf acak.

Tapi tenang kita dapat melakukan customisasi URL dengan cara melakukan register terlebih dahulu ke situs ini. Silahkan lakukan klik tombol SIGN UP. 


Kita dapat memilih daftar dengan akun facebook, twitter atau mengisi form langsung. Jika sudah daftar silahkan cek email dan lakukan verifikasi. Langkah selanjutnya kita tinggal lakukan login dengan akun yang sudah kita buat.


Selanjutnya kita dapat melakukan perpendek URL dengan melakukan klik pada tombol CREATE BITLINK.


Setelah melakukan klik pada tombol tersebut biasanya kita akan menjumpai popup yang terbuka pada sidebar. Seperti gambar yang ada dibawah ini.


Nah selanjutnya silahkan anda pastekan URL panjang anda yang saya kasih tanda panah lalu klik tombol CREATE untuk melakukan proses pemendekan URL. Biasanya akan tergenerate sebuah link acak dari proses yang kita lakukan tadi. Namun tenang kita dapat melakukan customisasi di link tersebut.


Ganti teks acak dengan kata yang anda inginkan. Usahakan yang orang familiar biar orang nggak segan untuk klik link yang kita akan bagi.


Setelah sesuai kita dapat melakukan klik pada tombol save untuk menyimpan link yang sudah kita rubah tadi. Siip.... link custom sudah berhasil kita buat. Anda dapat melakukan copy pada link tersebut dan memastekannya pada address bar dari browser kawan newbie semua. 


Terimakasih... Semoga tutorial singkat ini bermanfaat untuk kawan semua. Salam Transformasi....dan Tetap semangat belajar..


EmoticonEmoticon