Cara Membuat Objek 3 Dimensi Dengan Powerpoint

Setelah sekian lama nggak ngisi di blog ini. Akhirnya hari ini saya ada kesempatan nulis lagi. Semoga anda semua nggak bosen nyimak tulisan saya di blog ini hehe. Kali ini saya akan membahas sesuatu trik yang menarik tentunya. Trik ini akan sangat berguna jika anda sering membuat presentasi ataupun mendesain banner promosi. Tentu anda sudah mengetahui saya mau bahas apa (iya lah di judul kan ada ^_^)


Dalam membuat objek 3D di powerpoint sebenarnya itu nggak susah. Bahkan saya rasa ini adalah cara termudah (menurut saya dalam membuat objek 3d). Langsung saja ya...pertama-tama silahkan buka terlebih dahulu powerpoint-nya. Dan buat dokumen baru.

Kemudian buatlah sebuah objek yang ingin di ubah menjadi 3 dimensi.

Ganti warna objek serta offline-nya sesuai dengan keinginan anda.

Klik kanan pada shape, kemudian klik Format Shape.


Masuk ke dalam fitur/tab yang saya tandai. Seperti gambar dibawah ini.

Kemudian, pilih fitur 3-D Rotation. Kemudian pada Presets pilih format yang anda inginkan.

Masuk ke fitur 3-D Format. Kemudian ubah debth menjadi 100pt.

Scroll kebawah sampai menembukan fitur lighting. Kemudian ubah lighting menjadi Contrasing (lihat gambar dibawah ini).

Jika sudah, masuk lagi ke Depth. Dan ubah warnanya menjadi lebih gelap dari warna objeknya.

Okee... sampai disini sebernarnya objek 3D anda sudah bisa anda gunakan. Tetapi anda bisa menambahkan format shadow agar objek 3D anda menjadi lebih real.

Selain objek 3D ini bisa digunakan untuk pembuatan presentasi maupun banner promosi. Kita juga bisa menganimasikan objek 3D ini dengan menggunakan efek morph. Sehingga objek 3D kita menjadi lebih nyata.
Semoga tutorial yang sangat-sangat singkat ini bermanfaat hehe....

Jangan lupa mampir lagi di blog ini ^_^


EmoticonEmoticon